Simak Pengertian dan Cara Kerja Ice Machine

Belakangan ini, mesin pembuat es batu atau dikenal dengan ice machine menjadi hal yang familiar di kalangan masyarakat. Pasalnya, penggunaannya sudah banyak dipakai di rumah maupun di berbagai bisnis kuliner sebagai investasi yang tepat dan menguntungkan. Bagi Anda yang mungkin penasaran akan alat ini dan cara kerjanya, simak informasinya berikut.

Pengertian Ice Machine

Ice machine atau dikenal juga dengan istilah ice maker ini merupakan sebuah mesin pembuat es yang dapat bekerja untuk menghasilkan es secara otomatis. Pada umumnya, ada 2 tipe mesin pembuat es yang sering kali digunakan pada restoran maupun hotel. Dimana kedua jenis mesin pembuat es tersebut yakni ice flaker dan ice cube. 

Pada tipe jenis ice flaker sendiri merupakan mesin pembuat es yang dapat menghasilkan es berbentuk serutan. Sedangkan untuk tipe jenis ice cube merupakan mesin pembuat es yang dapat menghasilkan es berbentuk balok. Meskipun es yang dihasilkan pada kedua mesin ice maker tersebut berbeda, akan tetapi dari segi cara kerjanya sendiri hampir sama. 

Yang perlu Anda perhatikan disini yakni mengenai merek mesin pembuat es yang mana memiliki aksesoris komponen mesin yang berbeda – beda. Seperti apa komponen water system ada beberapa jenis mesin yang menggunakan elektroda dan solenoid untuk pengisian air dan juga menggunakan floating. Dan seperti yang tadi dikatakan, bahwa cara kerja dalam memproduksi es kurang lebih hampir sama.

Bagaimana cara kerja dari ice machine?

Sebelum mengulas mengenai cara kerja dari ice maker, Anda perlu tahu bahwasanya mesin pembuat es atau ice maker ini memiliki 4 bagian komponen penting di dalamnya. Adapun komponen – komponen penting pada mesin pembuat es ini antara lain sebagai berikut :

  • Start up
  • Water system
  • Electrical
  • Refrigerator

Berbicara mengenai cara kerja dari mesin pembuat es ini terbilang sangat mudah dimengerti. Dimana dalam hal ini, air nantinya akan dialirkan ke cetakan pendingin sehingga tidak terjadi adanya gelembung udara dan hasil es akan menjadi lebih hard ice atau es batu yang bertahan lama. Apabila nantinya es batu sudah terisi dengan penuh, maka es tersebut akan secara otomatis lepas dan jatuh ke dalam penyimpanan sementara. 

Kemudian, air akan terisi lagi dan es akan diproduksi kembali dengan siklus yang sama. Biasanya produksi es batu ini dapat terus dilakukan sampai tempat penyimpanan benar – benar penuh. Terlepas dari cara kerja mesin pembuat es ini, Anda perlu tahu bahwa mesin ini biasanya dibuat dengan berbagai tipe, jenis dan kapasitas. Sehingga jika Anda ingin menggunakan mesin pembuat es ini bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunaannya. 

Itulah tadi informasi penting yang bisa Anda ketahui dan pahami mengenai pengertian dan juga cara kerja dari mesin pembuat es atau ice machine sebelum memutuskan untuk membelinya di pasaran.

Leave a Comment

Your email address will not be published.