Gambar kantor dan karyawan

4 Tips Sewa Ruang Kantor Siap Pakai Biar Nggak Boncos

Pebisnis kecil sering kali memilih sewa ruang kantor siap pakai karena dianggap lebih menguntungkan. Kapan pun butuh, pebisnis bisa langsung menghubungi penyedia coworking. Meski tarif sewanya relatif murah, tapi cara ini juga bikin Anda boncos, lho. Apalagi jika Anda tidak punya perencanaan matang dalam menyewa coworking.

Agar tidak rugi saat sewa kantor umum, perhatikan tips berikut ini. Keuangan perusahaan dijamin tetap aman.

  1. Hitung Budget yang Anda Punya

Menyewa coworking berarti Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Makin lama jangka waktu sewanya, maka anggaran yang dibutuhkan pun makin tinggi. Oleh karenanya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghitung budget perusahaan.

Jangan sampai pengeluaran untuk sewa coworking lebih besar dibanding pemasukannya. Hal ini justru akan membebani dan mengancam keberlangsungan bisnis Anda di kemudian hari. Bisa-bisa bisnis Anda berhenti beroperasi karena kehabisan anggaran. 

  1. Pertimbangkan Lokasi Coworking 

Lokasi coworking yang akan disewa jadi pertimbangan selanjutnya. Strategis atau tidaknya lokasi kantor yang disewa akan mempengaruhi kelancaran bisnis Anda. Supaya bisnis Anda berjalan lancar kedepannya, pilihlah coworking yang tidak jauh dari jalan utama dan tempat tinggal karyawan.

Meskipun tarif sewa ruang kantor siap pakai di lokasi strategis sedikit lebih mahal, tapi reputasi bisnis Anda bisa meningkat. Sebab klien cenderung percaya pada perusahaan yang terletak di lokasi bergengsi. 

  1. Pertimbangkan Fasilitas yang Ditawarkan

Jangan mau rugi saat menyewa kantor untuk bekerja. Sebelum membuat kesepakatan, pertimbangkan fasilitas apa saja yang tersedia di coworking tersebut. Idealnya, coworking dilengkapi dengan fasilitas lengkap, mulai dari internet, telepon, hingga printer untuk menunjang kelancaraan bisnis Anda.

Selain itu, pertimbangkan juga fitur keamanan yang ditawarkan pada coworking. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama sewa ruang kantor, pilihlah coworking yang dilengkapi dengan CCTV 24 jam. Untuk mengetahui fasilitas yang ada, Anda bisa melakukan survei dengan datang ke lokasi secara langsung.

  1. Pertimbangkan Ukuran Kantor

Terakhir, pertimbangkan ukuran kantor yang akan Anda sewa. Menyewa kantor dengan ukuran besar memang menguntungkan, karena area kerja akan terasa lebih lega. Akan tetapi, tarif sewanya pun pasti lebih tinggi dibanding ruangan minimalis. 

Namun, jika ingin menyewa dalam jangka panjang dengan tujuan pengembangan bisnis, maka ruangan berukuran besar adalah pilihan terbaik. Supaya anggaran tetap aman, jangan lupa untuk membandingkan tarif sewa di coworking satu dan yang lainnya.

Dengan menerapkan empat tips sewa ruang kantor siap pakai di atas, anggaran perusahaan dijamin tetap aman. Selain itu, Anda bisa lebih fokus mengelola bisnis tanpa harus terbebani soal biaya sewa. Pastikan Anda mempertimbangkan poin-poin di atas jika ingin menyewa coworking bulanan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.