Ilustrasi Merk Baja Ringan

Ingin Tahu Apa Perbedaan Antara Holo Baja Ringan dengan Besi Holo? Simak DIsini Jawabannya

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang merk baja ringan dan juga besi holo ketika membicarakan tentang material konstruksi. Keduanya memang memiliki bentuk yang serupa sehingga sering dikira sama. Tetapi apakah Anda tahu perbedaan diantara keduanya? Jika belum, maka Anda bisa merasa lega, karena hari ini, Kita akan bahas apa yang membuat kedua benda ini sangat berbeda.

  • Holo Baja Ringan Memiliki Lapisan Tahan Karat

Perbedaan pertama dari holo baja ringan dan besi holo terletak pada point lapisan tahan karat.Holo baja ringan memiliki lapisan tahan karat yang membuatnya bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Sementara besi holo tidak memiliki lapisan tahan karat. Tetapi meskipun tidak memilikinya, besi holo juga bisa dikatakan sebagai salah satu bahan material yang kokoh serta kuat untuk digunakan.

Supaya tidak mudah berkarat, besi holo perlu di-cat secara rutin.

  • Penggunannya

Hal kedua yang membedakan merk baja ringan dan juga besi holo adalah cara penggunaan dari kedua benda tersebut.

Holo baja ringan umumnya hanya dapat digunakan untuk kebutuhan konstruksi bagian dalam rumah saja. Misalnya plafon atau dinding. Sementara besi holo bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan di bidang konstruksi termasuk untuk bagian dalam dan luar rumah.

  • Variasi Ukuran

Perbedaan antara holo baja ringan dan besi holo yang selanjutnya adalah variasi ukuran yang dimilikinya.

Secara umum, ukuran holo baja ringan hanya ada dua yaitu 4×4 dan 2×4 atau ukuran yang sebenarnya dari holo baja ringan adalah 30×30 dan 15×30. Sementara untuk panjangnya, holo baja ringan memiliki panjang sekitar kurang lebih 4 meter.

Sementara ukuran dari besi holo lebih banyak variasi dan ragamnya. 

Kelebihan dan Kekurangan

Baik holo baja ringan maupun besi holo sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, berikut beberapa daftarnya.

 Holo Baja Ringan

  • Kelebihan yang pertama dari holo baja ringan adalah memiliki daya tahan yang kuat. Hal ini membuat Anda bisa tenang karena holo baja ringan tidak akan mudah rusak akibat rayap.
  • Proses pemeliharaannya juga lebih mudah serta menghemat biaya.
  • Sementara kekurangannya adalah memiliki struktur yang  berbentuk seperti jaringan. Hal ini menyebabkan butuh ketelitian yang tinggi ketika memasangnya. Selain itu, holo baja ringan ini mudah terbawa oleh angin

Besi Holo

  • Besi holo memiliki kelebihan tidak mudah terbakar oleh api sehingga lebih aman.
  • Besi holo juga lebih mudah dipasang dan memiliki material yang kuat sehingga tahan dari rayap
  • Namun kekurangannya adalah perlu sering di cat karena mudah sekali mengalami korosi dan juga sulit menahan beban yang berat.

Itulah perbedaan yang dimiliki oleh merk baja ringan dan juga besi holo untuk Anda yang belum mengetahuinya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.