besi beton polos

Simak Kelebihan Besi Beton Polos untuk Konstruksi

Jika dilihat dari jenisnya maka besi beton dibagi menjadi besi beton polos dan beton ulir. Meskipun kedua jenis tersebut mempunyai fungsi yang mirip, namun untuk kegunaannya sangat bergantung pada preferensi penggunaannya. Dengan memilihnya secara teliti, maka anda bisa mendapatkan besi beton berkualitas dan membuat konstruksi anda lebih kokoh dalam waktu yang lama.

Untuk besi beton polos ataupun ulir memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sesuai kebutuhan jika dibandingkan dengan struktur besi lainnya.

Apa saja kelebihan besi beton?

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh besi beton yang bisa anda dapatkan di bawah ini:

–           Besi beton bisa menahan tekanan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan banyak bahan lainnya.

–           Besi beton lebih mudah ditemukan dan mempunyai harga yang cukup terjangkau

–           Besi beton mempunyai ketahanan yang tinggi dengan air dan api jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Jika terjadi kebakaran biasanya struktur bangunan yang terbuat dari besi beton hanya mengalami kerusakan  hanya di permukaan dan tidak menyebabkan keruntuhan. Saat terkena air, bahan besi beton juga tidak gampang berkarat

–           Sifat beton yang fleksibel juga membuat besi beton dapat dibuat menjadi berbagai bentuk sesuai kebutuhan bangunan seperti plat, balok, kolom dan masih banyak lainnya

–           Proses instalasi besi beton polos juga bisa dilakukan oleh tenaga dengan keahlian sedang jika dibandingkan dengan struktur bahan lainnya

–           Besi beton mempunyai usia Panjang sehingga sangat baik untuk menjaga bangunan tetap kokoh dan tahan lama.

Struktur besi beton polos mempunyai daya tahan lebih kecil jika dibandingkan dengan besi beton ulir. Hal ini karena sifat betonnya yang lentur dan fleksibel sehingga lebih mudah dibengkokkan ataupun dibentuk. Hal ini membuat besi jenis ini cocok untuk mengikat batang-batang besi ulir saat membuat rangka beton yang biasa dikenal dengan sebutan besi begel. Kemampuan besi beton ulir berguna untuk menahan tekanan lebih besar dan membuat harganya terbilang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis polos.

Untuk jenis beton ulir mempunyai sirip di bagian permukaan dan bisa menahan daya tekan lebih besar dibandingkan jenis yang polos. Hal ini karena sirip-sirip yang ada di bagian permukaan mempunyai daya ikat lebih baik. Hal ini yang membuat besi beton ulir menjadi lebih sulit untuk dibengkokkan karena sifatnya yang tidak fleksibel dan lebih cocok jika digunakan sebagai tulangan berbentuk Panjang.

Itulah beberapa informasi terkait kelebihan besi beton polos dan perbedaannya dengan jenis ulir. Anda bisa pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan konstruksi bangunan. Anda juga bisa konsultasikan dengan ahli konstruksi professional untuk mendapatkan ukuran dan jenis yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.