ilustrasi besi

5 Penggunaan Besi CNP dalam Pembangunan Konstruksi

Berbicara tentang besi, pasti tidak asing lagi dengan salah satu bahan material yang penting ini. Sebab, besi berperan sebagai penopang bangunan. Dalam dunia konstruksi pun sudah banyak jenis besi yang dikeluarkan dengan berbagai keunggulan yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya besi CNP yang terkenal memiliki kekuatan yang baik dan tahan lama. Bahkan, sering dijadikan pilihan untuk pembangunan konstruksi yang menopang beban berat. Hal ini sejalan dengan struktur penyusun besi jenis ini. 

Sejenis lembaran gavalum atau baja yang diselimuti krem di permukaannya merupakan penyusun besi CNP. Apalagi dalam prosesnya pembuatannya didampingi dengan teknologi yang canggih, selain itu proses pencampurannya dibantu oleh sistem komputer dan robot sehingga besi yang dihasilkan memiliki ukuran yang presisi. Eits, perlu diketahui pula kalau sesuai namanya besi ini berbentuk huruf C. Tak lupa pula berbagai kegunaan besi CNP ini, antara lain:

Sebagai kerangka atap

Berbagai bangunan di kota besar yang mayoritas seperti gedung, pabrik, maupun gudang. Pasti dalam aspek konstruksinya kebanyakan memanfaatkan besi CNP yang mempunyai ketahanan da kekuatan yang bagus dalam perannya sebagai penopang bangunan. 

Digunakan sebagai purlin

Purlin mungkin terdengar asing, perlu diketahui apabila bahan yang memiliki bentuk seperti balok untuk duduk yang bermanfaat menutupi atap itu disebut purlin. Sehubungan dengan bes CNP yang berbentuk C dan memiliki ketahanan yang bagus, purlin membutuhkan penopang yang mampu menyangga beban berat di atasnya. 

Untuk bahan pagar bangunan

Besi CNP terkenal sebagai bahan yang mempunyai ketahanan serta kekuatan yang baik dan tidak rapuh. Dalam kebutuhan bahan pagar bangunan pun sudah banyak yang menggunakannya. Pabrik maupun gedung pun memanfaatkan besi jenis ini sebagai pagar. Lantaran, besi ini kokoh dan kuat, jadi mampu untuk memberikan keamanan yang sesuai. 

Sebagai penutup dinding

Banyak orang yang mulai menggunakan besi CNP ini sebagai penutup dinding. Pasti Anda pernah tahu atau melihat dinding yang ditutup atau diberikan penutup berwujud logam. Perlu diketahui, apabila logam tersebut merupakan besi jenis kanal C, salah satunya CNP. 

Elemen sebuah arsitektur

Bicara soal bangunan memang tidak bisa jauh dari seni, sekarang pun banyak orang yang mendesain bangunan agar terlihat estetik dan apik. Salah satunya memanfaatkan besi CNP yang dijadikan bahan utama sebuah elemen arsitektur. Apalagi besi ini mempunyai ketahanan serta kekuatan yang lebih baik dari bahan penyusun lainnya. 

Nah, itulah kegunaan besi CNP dalam pembangunan konstruksi yang bisa Anda terapkan. Mulai dari atap rumah hingga pagar, tentu tidak akan khawatir akan kerapuhannya lagi. Terlebih bentuk besi yang satu ini mendukung untuk menciptakan desain arsitektur yang menarik dan unik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.