baja ringan jakarta

Jenis-jenis Material Baja Ringan Jakarta dan Fungsinya

Baja ringan adalah salah satu material atau bahan bangunan yang mulai banyak digunakan sebagai pengganti kayu. Walaupun sering digunakan untuk bagian atap rumah, baja ringan Jakarta sendiri punya beberapa jenis dan punya fungsinya masing-masing. 

Jenis-jenis Baja Ringan dan Fungsinya 

·       Jenis  Kaso atau Truss 

Jenis baja ringan kaso atau truss adalah salah satu jenis yang digunakan pada kerangka atap agar genteng bisa disusun rapi. Fungsi lainnya dari kaso atau truss adalah jadi komponen penguat tiang. Baja ringan jenis kaso ini sangat kuat karena punya tebal 0,75 sampai 1 mm. 

Jenis kaso atau truss banyak mengandung zink. Bentuknya menyerupai jenis hollow atau gabungan dari dua baja ringan bondek.

·       Jenis Hollow 

Baja ringan jenis hollow terbuat dari bahan galvanis. Baja ringan jenis hollow punya bentuk seperti balok, sedangkan ujungnya punya bentuk persegi, dan kosong pada bagian dalam. 

Baja ringan hollow termasuk bahan yang punya banyak fungsi yang bermacam-macam pada bangunan. Misalnya jadi material untuk atap, kanopi, dan plafon. 

·       Jenis Bondek 

Bondek merupakan jenis baja ringan Jakarta yang paling mudah untuk ditemui dan didapat. Bondek juga punya fungsi yang beragam untuk kerangka bangunan, seperti material pada tulangan, pelapis, atau pembungkus untuk menahan beban dan tekanan beton.

·       Jenis Spandek 

Spandek merupakan jenis baja ringan yang punya bentuk seperti lembaran dan bergelombang. Baja ringan jenis spandek in berfungsi sebagai penutup atau lapisan bagian luar kerangka atap rumah atau bisa juga pada kanopi. 

·       Jenis Reng 

Baja ringan jenis reng ini punya bobot yang lebih ringan dibanding reng dari bahan kayu dan bambu, walaupun begitu baja ringan jenis reng ini lebih kuat dan tahan lama. 

Reng ini dipasang secara melintang dan berfungsi sebagai penahan atau sebagai sangkutan genteng atau  seng pada kasau bangunan. 

·       Jenis Kanal C

Seperti namanya, baja ringan jenis kanal C punya bentuk yang mirip dengan huruf C. Yang mana ketika saling dihadapkan dengan baja ringan lain akan membuat bentuk persegi. 

Fungsi dari baja ringan jenis kanal C ini adalah sebagai penyusun kerangka atap atau kanopi. Jenis kanal C juga termasuk material yang kuat dan tahan lama sebagai penahan atap, kanopi atau langit-langit bangunan. 

Demikian tadi jenis-jenis baja ringan Jakarta berserta fungsinya. Mengetahui fungsi dari jenis baja ringan ini sangat bermanfaat jika suatu saat Anda berencana membangun rumah dan tahu apakah material yang digunakan sudah baik atau belum. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.