tabungan simpanan pelajar

Tidak Perlu Ragu Lagi, Inilah Manfaat dari Tabungan Simpanan Pelajar

Kesadaran akan pentingnya menabung sejak anak-anak memang perlu ditumbuhkan secara perlahan. Terutama oleh orang tua yang memiliki peran besar dalam pembentukan karakter anak. Kebiasaan menabung ini bisa dimulai dengan mendaftar program Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) yang khusus dibuat untuk menumbuhkan kebiasaan menabung bagi pelajar terutama anak-anak. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Menabung Sejak Dini

Sebagai orang tua, tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik untuk anak, mulai dari kebiasaan-kebiasaan baik, fasilitas yang diberikan, kemudahan akses, dan lainnya. Termasuk kebiasaan menabung sejak usia dini yang memberikan manfaat saat anak sudah dewasa kelak.

Dengan mengajarkan anak menabung sejak masih kecil, secara bertahap Anda mengajarkan anak cara mengelola keuangan dengan baik, dan hidup tidak boros. Tentunya hal ini akan membawa manfaat yang baik untuk anak Anda sendiri, diantaranya adalah,

  1. Terbiasa menabung hingga dewasa

Kebiasaan menabung sejak masih kecil terutama saat usia sekolah akan terbawa hingga anak sudah dewasa kelak. Tentu kebiasaan ini sangat penting, sehingga anak Anda memiliki uang tabungan yang bisa digunakan untuk keperluan darurat.

  1. Terbiasa hidup dengan hemat

Menabung di masa-masa anak sebagai pelajar membuat anak terbiasa menyisihkan uang saku untuk ditabung, sehingga anak bisa lebih hemat dan tidak boros membelanjakan uang sakunya untuk membeli jajan ataupun mainan.

Kebiasaan ini, membuat anak jadi lebih paham mana barang-barang yang perlu diprioritaskan untuk segera dibeli, dan mana yang bisa dibeli nanti, atau bahkan memutuskan untuk tidak membelinya karena tidak begitu diperlukan. Hidup hemat akan membuat anak tidak mudah menghamburkan uang.

  1. Mahir dalam perencanaan keuangan

Dengan rajin menabung dan hidup hemat, anak jadi lebih mudah menentukan skala prioritas antara kebutuhan dan keinginan, sehingga bisa membuat perencanaan keuangan dengan tepat. Kebiasaan ini tentu akan sangat bermanfaat saat anak sudah dewasa nanti, mengingat akan ada banyak hal yang perlu diprioritaskan dan direlakan begitu saja.

  1. Keinginan anak bisa terkabul

Anak akan sangat gembira saat keinginannya bisa terkabul, entah itu membeli mainan, jajan, atau lainnya. Mengajarkan anak menabung agar bisa mendapatkan keinginannya memberikan pengajaran bagi anak bahwa untuk mendapatkan sesuatu harus ada usaha yang diberikan.

Cara Menabung bagi Pelajar

Bagi anak-anak usia pelajar, baik itu pelajar PAUD/TK, SD, SMP, maupun SMA sederajat, saat ini sudah tersedia program Tabungan Simpanan Pelajar yang sangat membantu pelajar memupuk kebiasaan menabung sejak usia dini. Kebiasaan baik ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti,

  • Tetapkan tujuan menabung, apakah untuk membeli sesuatu, atau mengunjungi tempat liburan, dan lainnya.
  • Sisihkan sebagian uang saku
  • Dahulukan kebutuhan yang penting
  • Membawa bekal saat di sekolah
  • Tidak terlalu sering jajan di luar

Itulah beberapa manfaat dari Tabungan Simpanan Pelajar, Anda juga bisa mengajarkan anak cara menabung dengan mudah agar kebiasaan menabung terus berlanjut hingga dewasa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.