ilustrasi griddle

Mengenal Apa Itu Griddle Gas

Setiap orang memiliki alat memasak di dapur. Griddle gas adalah alat pemanggang yang memiliki kombinasi 2 jenis pemanggang dalam 1 produk. Tanpa berbasa-basi, inilah ulasan mengenai alat memasak modern yang satu ini.

Alat masak Gas griddle 

Alat ini terdiri dari pelat lebar yang dipanaskan oleh kompor berbahan bakar gas. Alat ini biasa digunakan untuk kegiatan komersial, atau sebagai alat masak rumah.

Alat ini terlihat seperti wajah yang sangat besar tanpa pegangan dan sisi. Dan makanan yang dimasak ditaruh tepat di atasnya.

Griddle seringkali berbentuk persegi panjang. Ukurannya bisa bervariasi tergantung dengan tujuan penggunaannya, apakah untuk rumahan atau komersial, indoor atau outdoor.

Ada model khusus untuk restoran yang berukuran sangat besar. Sedangkan untuk griddle rumahan ukurannya cukup kecil. 

Griddle terbuat dari stainless steel atau plat besi putih. Besi yang tebal memberikan penyaluran panas yang efektif dan kualitas masakan yang dihasilkan menjadi lebih baik. Besi yang tipis cenderung mudah penyok, sehingga tidak cocok digunakan sebagai griddle.

Ciri utama dari griddle yang selalu ada terlepas dari ukuran, model, atau material yang digunakan adalah kompornya selalu memiliki permukaan yang datar.

Meski menyandang nama pemanggang, griddle gas juga bisa digunakan untuk menggoreng makanan layaknya kompor konvensional pada umumnya. 

Griddle biasanya menggunakan cara memasak tumis dan pan-seared. Terlebih griddle juga memberikan area masak yang lebar sehingga cocok untuk digunakan memasak makanan dengan jumlah banyak.

Tekstur makanan yang dihasilkan dari griddle cenderung krispi pada lapisan luarnya namun tidak menghilangkan kandungan air di dalamnya. Sehingga masakan masih bisa terasa lebih juicy. 

Memasak menggunakan griddle masih tergolong ke dalam cara memasak yang sehat. Karena bahan makanan yang dimasak tidak terkena api secara langsung. Penggunaan api secara langsung bisa merusak kandungan nutrisi atau bahkan membentuk senyawa yang berbahaya.

Penutup

Meskipun sering terlihat di restoran, griddle gas ternyata memiliki tipe rumahan yang bisa Anda miliki. Sehingga Anda bisa merasakan masakan yang dibuat dengan griddle.

Leave a Comment

Your email address will not be published.