sous vide steak

Kelebihan Memasak dengan Teknik Sous Vide Machine

Sous Vide Machine adalah perangkat memasak dan teknik memasak yang banyak digunakan di berbagai restoran besar. Teknik memasak ini mengandalkan pengaturan suhu yang presisi untuk mendapatkan kematangan yang sempurna pada bahan makanan.

Bukan, tanpa alasan mengapa banyak restoran memilih untuk menggunakan teknik memasak ini. Karena memang, sous vide memberikan banyak keuntungan sebagai teknik memasak yang memadai.

Kelebihan Sous Vide Machine dalam Memasak

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bukan tanpa alasan banyak restoran besar menggunakan teknik ini. Karena ada banyak sekali keunggulan dan kelebihan yang diberikan. Bahkan, tidak hanya pada restoran besar saja.

Jika teknik ini dilakukan di Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai kelebihan jika memasak dengan teknik ini.

  1. Makanan Tidak akan Terlalu Matang Lagi

Kelebihan pertama teknik sous vide adalah tidak ada lagi yang namanya bahan makanan yang terlalu matang atau overcooked. Karena, dengan teknik memasak ini bahan makanan akan berada dalam satu suhu secara konstan.

Tidak ada bagian yang lebih panas atau kurang panas. Jadi, kematangan yang dihasilkan akan lebih merata pada setiap sisinya. Tekstur lembut dan kelembaban dari makanan juga bisa terjaga karena teknik memasak ini.

  1. Menghasilkan Rasa yang Lebih Enak

Memasak dengan teknik ini juga bisa menghasilkan rasa yang lebih enak. Alasannya, karena nutrisi dan rasa dari bahan makanan masih sangat terjaga dan bertahan. Jika dibandingkan dengan cara memasang yang konvensional.

Rasa alami dan kandungan alami dari bahan makanan juga lebih terjaga di dalam bahan makanan. Hal ini membuat rasa alami dari bahan makanan lebih menonjol dan membuatnya terasa lebih enak.

  1. Waktu Untuk Mempersiapkan Makanan Lebih Singkat

Jika bahan makanan sudah dimasak dengan teknik sous vide, secara teknis bahan makanan itu sudah matang. Bahan makanan bisa disajikan langsung atau melalui proses persiapan makanan yang singkat saja.

Bahan makanan yang melewati proses sous vide memang kebanyakan harus dipersiapkan kembali. Caranya dengan memanggang atau membakar bahan makanan yang sudah disiapkan. Namun, tidak perlu terlalu lama karena pada dasarnya bahan makanan sudah matang.

  1. Kemungkinan Kontaminasi Makanan Lebih Kecil

Dalam teknik memasak sous vide, setiap bahan makanan akan diletakkan ke dalam wadah. Umumnya, wadah ini berbentuk plastik yang sudah dikosongkan udaranya dari bagian dalam. Dengan proses pengemasan yang seperti ini, bahan makanan dijamin aman dari bahaya kontaminasi.

Selain itu, karena media memasaknya adalah air dalam suhu yang cukup panas. Maka air akan mempasteurisasi makanan dalam kondisi suhu yang tinggi dan juga stabil. Membuat kebersihan makanan lebih terjaga begitu pula mencegahnya dari kontaminasi hal lainnya.

Itulah keunggulan dari teknik memasang sous vide machine. Teknik ini bisa menjadi inovasi baru dalam dunia kuliner.

Leave a Comment

Your email address will not be published.