besi h beam

Perbedaan Besi H Beam dan Besi WF yang Sering Salah Dipahami

Besi H beam merupakan salah satu balok baja yang permukaan yang cukup lebar dan biasa dipakai dalam konstruksi bangunan besar seperti gedung, jembatan, dan lain sebagainya. Sedangkan besi WF (Wide Flange) merupakan salah satu balok baja yang sekilas mirip dengan besi H beam, namun biasanya lebih panjang. Besi WF biasa digunakan pada konstruksi bangunan kecil seperti rumah.

Membedakan besi H beam dengan besi WF adalah hal yang harus Anda bisa lakukan, karena keduanya adalah balok baja dengan beberapa ciri dan fungsi yang berbeda. Beberapa perbedaan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Bentuk

Jika Anda perhatikan dengan detail, besi H beam memiliki bentuk seperti huruf H jika dibandingkan dengan besi WF. Selain itu, besi WF lebih lebar di bagian tengahnya. Bahkan, bisa mencapai dua kali lipat dari bagian sisinya. Di lain sisi, besi H beam memiliki bagian sisi dan tengah yang sama panjang.

  • Dimensi

Sebenarnya, cara paling mudah untuk membedakan antara besi H beam dengan besi WF adalah dengan melihat dimensinya. Jika dimensinya berbentuk persegi dengan panjang dan lebar yang sama, maka itu adalah besi H beam. Namun jika dimensinya berbentuk persegi panjang, maka itu adalah besi baja WF.

  • Varian Dimensi

Varian ukuran antara besi WF tergolong lebih banyak daripada besi H beam. Biasanya, besi WF tersedia dari dimensi 150mm hingga 900mm. Sedangkan besi H beam lebih sedikit, yaitu di dimensi 100mm hingga 350mm saja.

  • Fungsi

Besi H beam lebih banyak dipakai dalam konstruksi bangunan besar seperti gedung, jembatan, gudang, dan lain sebagainya. Sedangkan besi WF lebih sering dipakai dalam bangunan kecil seperti rumah, kantor, dan lain sebagainya.

  • Kekuatan

Besi H beam memiliki kekuatan yang lebih besar jika dibandingkan besi WF. Sebab, besi H beam memiliki panjang dan lebar yang sama, otomatis memiliki daya tahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan besi WF yang bahkan lebarnya setengah dari panjangnya. Sehingga, kekuatan dari besi WF tidak akan seperti besi H beam.

Leave a Comment

Your email address will not be published.