Ilustrasi Cetak Cover Buku

Ketahui Persiapan Cetak Cover Buku Agar Berhasil

Mencetak cover buku sendiri memang gampang-gampang susah. Terbilang sulit kalau Anda tidak ingin memahami cara mencetaknya hingga menjadi sebuah buku yang sesuai keinginan. Padahal, untuk cetak cover buku Anda perlu mempersiapkan berbagai hal agar mendapatkan hasil sesuai keinginan. Berikut di antaranya:

Cari Tahu Ukuran Buku dan Cover yang Diinginkan

Coba tengok koleksi buku favorit Anda, ukuran mana yang kira-kira paling nyaman untuk dibaca. 

Nah, sekarang ambil penggaris untuk mengukur ukuran buku, mulai dari ukuran margin (batas tepi dengan paragraf) buku tersebut.

Cari Desain Cover dan Tata Letak Isi Sesuai Keinginan

Ada baiknya Anda melihat koleksi buku sendiri, ataupun pergi ke toko buku atau perpustakaan untuk melihat-lihat desain dan tata letak isi yang disukai. 

Jika menemukan desain yang sesuai, silakan cari tutorial atau template desain yang diinginkan untuk membuat cover buku. 

Jenis Kertas yang Sesuai Untuk Buku

Jenis kertas yang digunakan untuk cetak buku biasanya berbeda-berbeda. Untuk buku bacaan, sebaiknya menggunakan book paper atau HVS. 

Namun, yang paling baik digunakan untuk membaca lama, yaitu book paper. Hal ini lantaran HVS akan cepat membuat mata lelah sehingga Anda mudah mengantuk saat membaca buku tersebut.

Mempersiapkan Biaya Cetak

Semua hal yang berkaitan dengan jasa pasti memerlukan biaya. Begitu pun untuk mencetak buku dan cover nya. Meski begitu, saat ini sudah banyak tempat cetak cover buku yang bisa Anda datangi untuk mencetak karya Anda.

Bahkan, Anda bisa mencetak satu buku saja sehingga Anda tidak perlu menunggu uang terkumpul untuk persiapan mencetak banyak buku. Tentunya, mencetak satu buku tidak akan menghabiskan banyak biaya.

Pilih Tempat Cetak Buku

Tempat cetak buku sudah banyak bertebaran secara online maupun offline. Anda tidak perlu repot mendatangi kantor mereka, biasanya pengiriman file bisa dikirim lewat email. Nantinya setelah file selesai dicetak, penerbitan akan mengirimkan langsung ke alamat rumah Anda.

Namun, pastikan tempat cetak buku tersebut bisa menjilid dengan lem panas, yang menjadi standar buku penerbitan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan cetak cover buku. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.