kompor induksi bagus

Cara Tepat Pilih Alat Masak Untuk Kompor Induksi Bagus

Zaman semakin modern, peralatan dapur ikut modern. Salah satunya dengan munculnya kompor induksi bagus yang berbeda dari model kompor konvensional atau listrik seperti sebelumnya.

Inovasi dalam segi desain dan pengoperasian kompor induksi bagus ini pun turut mengubah cara memasak dari biasanya. Apa yang berubah? Simak selengkapnya berikut!

Cara Menguji Kecocokan Alat Masak

Uji magnet induksi dilakukan untuk melihat kecocokan alat masak dengan kumparan tembaga kompor.  Syarat utamanya harus memiliki dasar yang datar dan magnetik.

Cara mengujinya sangatlah mudah seperti berikut :

  • Ambil panci milik Anda.
  • Tempelkan magnet di bagian dasarnya. Jika menempel, maka dapat digunakan pada kompor induksi.

Apa Peralatan Masak yang Bisa Dipakai?

Tes magnet adalah indikator termudah dan tanpa merusak alat masak maupun kompornya. Sementara itu, peralatan apa yang dapat Anda pakai?

1. Stainless steel

Tahan lama dan mudah dibersihkan, stainless steel dapat jadi pilihan bagus untuk kompor induksi, tetapi tak menutup kemungkinan hasil masakan kurang merata.

Pasalnya, tak semua stainless steel bersifat magnetik.

2. Cast iron

Peralatan berbahan besi yang cukup mahal ini juga bagus dalam mentransfer panas meski suhunya rendah berkat material tebal dan beratnya.

Di balik keunggulannya, cast iron kurang sesuai dipakai karena dapat merusak permukaan kompor, memakan waktu lama saat memanaskan atau mendinginkan.

3. Panci porselen

Kuat dan tahan lama, panci atau wajan porselen pas digunakan pada kompor induksi. Alat ini dibuat dari logam berlapis enamel porselen yang mana karakteristik panasnya bergantung pada material dasar.

4. Aluminum

Aluminum  mampu menghasilkan dan mempertahankan panas sangat baik, ringan, dan murah. Namun tidak cocok dengan induksi tanpa penambahan plat stainless steel di dasarnya.

Plat tersebutlah yang menghantarkan panas dari kompor kemudian pada seluruh bagian panci.

Material Terbaik untuk Masak Cepat dan Santai

Cast iron dan aluminum pas untuk masak santai, cocok saat memasak hidangan memakan waktu lama.

Sementara untuk masak cepat, panci stainless steel mudah bereaksi terhadap perubahan suhu, tetapi harus terus dipantau sebab cepat gosong. Idealnya bahan ini untuk merebus dan mengukus.

Kesimpulan

Berkembangnya alat masak sejalan dengan penyesuaian kembali Anda dalam memilih peralatan pendukung lainnya. Performa kompor induksi bagus dan makin maksimal apabila tepat dalam penggunaan alat masaknya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.